Yang Terbuang Menjadi Peluang

Di Inspirasi 44 views

Pada tahun 1892, Toko Buah Yu mengangkut 50 keranjang nanas dari Laiyang ke Shanghai. Krn perjalanan yang jauh maka nanas-nanas membusuk dan dibuang.

Di seberang Toko Buah Yu ini ada toko kecil dihuni sepasang suami istri yang tidak mempunyai sesuatu untuk dimakan dan segera memungut nanas yang dibuang itu. Nanas dikupas, dipotong kecil-kecil dan dijualnya.

Bisnis ini berjalan lancar. Suami istri ini membeli nanas busuk dari Toko Yu. Toko Yu dengan bahagia hati menjual murah.

Nanas itu diproses jadi camilan manis dodol nanas dan terjual laris. Dalam waktu singkat camilan manis dodol nanas ini jadi masakan khas tempat Tiongkok Selatan dan hingga ke kerajaan.

Pemilik Toko Yu iri. Yu tahu bahwa camilan manis dodol nanas itu terbuat dari nanas busuk yang beliau jual. Malam harinya Yu menulis “Tian Zhi Dao” (Langit Tahu) kemudian menempelnya di pintu toko camilan manis dodol nanas.

Esoknya suami istri itu melihat goresan pena ini. Mereka terperanjat, tahu jikalau ada orang yang ingin merusak bisnis mereka.

Suami tertawa dan berucap, “Kita kebetulan sedang berpikir mencari nama toko, hari ini ada orang yg menuliskan nama toko dan mengirimnya ke depan pintu, itu anggun sekali.” Kaisar juga pernah memakan camilan manis dodol nanas tokoku, Kaisar ialah Putra Langit pada masa itu, jadi sdh seharusnya jikalau menggunakan nama ‘Tian Zhi Dao’. Oke, aku gunakan ini sebagai nama toko!”

Dampaknya bisnis camilan manis dodol nanasnya jadi semakin melejit. Yu jadi semakin berang. Lalu Yu dgn liciknya melukis di dinding toko itu seekor kura-kura yang menyembunyikan kepala di dalam tempurung dengan disertai tulisan: “Tidak tahu malu”

Keesokan harinya, melihat lukisan kura-kura ini, sepasang suami istri itu terdiam, namun sejenak kemudian berucap secara bersamaan, “Kita gunakan gambar kura-kura ini sebagai logo produk. Kue dodol nanas sanggup menyembuhkan batuk dan memperpanjang usia. Kura-kura ialah binatang yang panjang usianya.”

Sejak itu, logo kura-kura jadi logo yg populer di Shanghai.

=====

Dari cerita ini, kita sanggup mengambil pelajaran ihwal kekuatan pikiran.
Seseorang yang bijak akan bisa mengubah hinaan, kegagalan, dan kekecewaan, menjadi sebuah motivasi hidup yang membawa kesuksesan.

Positive thinking istilah kerennya, berprasangka baik terhadap takdir hidup yang diberikan oleh Allah akan membawa rejeki yang tiba dari tempat tidak terduga.

” Orang cerdik itu bisa mengubah setiap gangguan menjadi peluang ! “

Hal “Buruk” sanggup diubah menjadi hal yang baik, It’s all about Our Mindset.
Sudahkah kita berpikir kasatmata hari ini?

author
Penulis: 
    Jangan Jadi Gelas
    Seorang guru sufi mendatangi seorang muridnya saat
    Ternyata Hidup Bijak Itu Sederhana
    Ada seseorang dikala melamar kerja, memungut sampah
    Perjalanan Bersama Malaikat
    Aku bermimpi suatu hari saya pergi ke
    Belajar Mengasihi Dari Cicak
    Ketika sedang merenovasi sebuah rumah, seseorang mencoba
    Cerita Petani
    Alkisah jaman dahulu kala ada seorang petani

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top