Olahan Produk Gres Tomat, Mensiasati Dikala Harga Tomat Jatuh

  • Whatsapp

Kebanyakan para petani hanya terpaku untuk fokus dalam penggarapan lahan, penanaman sampai menunggu masa panen tiba. Beberapa petani menentukan menanam buah tomat alasannya ialah disamping bibit gampang didapat dan murah juga cara perawatannya tergolong mudah.

Kadang kala saat masa panen datang terjadi hal yang sangat tidak di inginkan yakni anjloknya harga buah tomat yang bahkan bisa mencapai Rp 200 / kg. Sehingga menciptakan para petani down dan menentukan tidak memanen tomat mereka dan eksklusif dibajak biar buah tomat tadi bisa sekalian menjadi pupuk.

Kebanyakan para petani hanya terpaku untuk fokus dalam penggarapan lahan Olahan Produk Baru Tomat, Mensiasati Ketika Harga Tomat Jatuh

Padahal bila mereka bisa mencari peluang dengan mengolah kembali buah tomat yang tak laris tersebut menjadi produk gres tentu bisa menawarkan peluang balik modal sampai laba yang berlipat ganda.

Salah satu cara mensiasati murahnya buah tomat diantaranya ialah sebagai berikut.

1.Dijadikan saos

Tentu kita mengenal sekali dengan yang namanya saos, yakni materi aksesori pangan berupa saus yang berasal dari buah tomat. Kita bisa mengolah tomat menjadi saus dan menjualnya ke pasar / toko.

2.Dibuat manisan kurma tomat ( torakur )

Ini ialah salah satu cara mensiasati murahnya tomat dengan mengolahnya menjadi manisan yang seolah-olah dengan buah kurma namun berbahan dasar tomat. Caranya cukup mudah, cukup dengan membelah buah tomat menjadi 2 bab lalu membuang bijinya. Selanjutnya tomat tadi direbus didalam air gula aren dan di jemur . Harga jual manisan tomat ini pun bisa mencapai Rp 5.000/bungkus mika.

3.Mengolah tomat menjadi dodol

Nah bila yang satu ini ialah jenis makanan dengan tekstur yang kenyal dan lembut dimulut dan berasa manis. Bahan menciptakan dodol antara lain ialah garut, nanas, durian, apel dan lain lain,termasuk buah tomat. Makara kenapa tidak dibentuk dodol saja dari pada dibuang hasil panenannya.

4.Mengolah tomat menjadi selai.

Salah satu cara mensiasati harga buah tomat yang murah ini kita bisa menjadikannya selai dan dijual kembali ke pasaran dengan harga yang tentu saja lebih tinggi. Untuk cara menciptakan selai tomat hampir sama dengan cara menciptakan selai nanas ataupun stroberry.

Baca juga : Meraup untung besar dari budidaya edamame

Sebenarnya masih aneka macam cara yang sanggup kita lakukan guna mensiasati harga tomat yang murah dengan jalan menciptakan sebuah produk gres berbahan dasar tomat yang mempunyai nilai jual jauh lebih tinggi.

Pos terkait