7 Manfaat Kopi Espresso untuk Kesehatan

  • Whatsapp
manfaat espresso
manfaat espresso

Data Berita, 7 Manfaat Kopi Espresso untuk Kesehatan – Tahukah Anda manfaat espresso?, Karena jika Anda belum mengetahuinya, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Artikel kali ini akan mengupas tentang apa saja manfaat minum kopi espresso untuk kesehatan tubuh kita. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang manfaat espresso dibawah ini hingga tuntas.

manfaat espresso
manfaat espresso

Manfaat Kopi Espresso untuk Kesehatan

Buat sebagian orang minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktifitas kerja akan membuat Anda lebih semangat untuk melakukan aktivitas dihari itu. Bagi pecinta kopi, salah satu jeni kopi yang digemari adalah kopi espresso. Namun apa bedanya espresso dengan kopi biasa? Keduanya dari biji yang sama, tapi metode persiapan yang membedakan antara keduanya. Mesin espresso akan menggiling lebih halus dan menggunakan air panas pada tekanan tinggi sehingga menghasilkan minuman yang lebih khas.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapat dengan meminum kopi espresso. Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk mengonsumsinya harus sesuai porsinya atau takarannya, agar tidak menimbulkan efek samping bagi lambung.

1. Meningkatkan energi

Kadar kafein dalam kopi espresso dapat dengan cepat mengakses jalana ke reseptor otak dan segera bekerja, memberi neuron dorongan yang meningkatkan kewaspadaan. Porsi takaran kopi espresso dalam jumlah sedang yaitu sekitar 300 miligram atau setara dengan 4,5 ons espresso, diyakini dapat meningkatkan kapasitas seseorang untuk lebih konsentrasi, meningkatkan energi dan meningkatkan ketajaman mentalnya.

Namun, hindari meminumnya dalam jumlah yang terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan respons yang kurang akut. Selain itu, sedikit kafein dalam espresso mampu mendorong kinerja mereka, hingga membuat mata terjaga.

2. Meningkatkan memori jangka panjang

Kafein diyakini dapat membantu meningkatkan ingatan jangka panjang. Dengan cara membantu konsolidasi memori atau proses memperkuat ingatan antara memperolehnya dan mengambilnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kafein memiliki “efek perlindungan” mengenai terjadinya penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

Ilmuwan saraf, Michael Yassa, dari University of California mengatakan, minum dua espresso dapat meningkatkan konsolidasi memori. Proses ini mampu meningkatkan daya memori jangka panjang.

3. Meningkatkan konsentrasi

Sugesti bagi para pecinta kopi adalah dengan minum kopi espresso pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi mereka. Karena kafein mampu mengurangi gejala kelelahan, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Ditambah dengan espresso yang mampu mempertahankan konsenstrasi dopamin.

Namun, perlu diingat kopi hanya memiliki manfaat jangka pendek saja. Sebaiknya Anda harus mengonsumsi espresso dalam jumlah yang pas,karena terlalu banyak kafein membuat Anda merasa gelisah, sehingga jauh lebih sulit berkonsentrasi.

4. Mencegah depresi

Dengan ruti minum minum kopi espresso dapat membantu mencegah depresi. Depresi disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan yang mengakibatkan peradangan otak. Para peneliti kopi mengatakan bahwa peradangan ini dapat dikurangi dengan antioksidan tertentu yang ditemukan dalam kandungan di dalam kopi.

5. Mengurangi risiko stroke

Kandungan antioksidan dalam espresso mampu melawan risiko stroke. Para peneliti di Jerman menemukan bahwa meminum espresso setiap hari berpotensi mengurangi risiko seseorang menderita serangan jantung. Namun demikian, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah akut, maka dari itu penting untuk kamu mengonsumsi secukupnya setiap harinya.

Hal ini juga disetujui oleh sebuah studi dari Swedia, setidaknya secangkir espresso dapat mengurangi 25 persen risiko stroke.

6. Menurunkan risiko diabetes

Mereka yang secara bertahap meningkatkan asupan kopi mereka mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 11 persen. Sebaliknya, mereka yang mengurangi asupan mengalami peningkatan risiko sebesar 17 persen. Namun yang harus diingat, Anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kopi espresso merupakan minuman rendah kalori, hanya sekitar 3 kalori per ons bila Anda tidak menambahkan gula atau krim didalamnya. Minum dua atau tiga cangkir espresso 30 menit sebelum latihan, mengurangi nyeri otot, serta memungkinkan Anda untuk berolahraga sedikit lebih lama.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Penutup

Sekian artikel dari Data Berita yang bisa dibagikan, tentang 7 manfaat kopi espresso untuk kesehatan, dimana Espresso dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, sehingga Anda tak perlu takut jika termasuk orang yang kecanduan kafein. Namun, sebaiknya batasi konsumsi kafein Anda setiap harinya dengan takaran yang dianjurkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke databerita.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@databerita.com.

Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Kesehatan selanjutnya.

Pos terkait