Manfaat Dan Sumber Gizi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Di Kesehatan 26 views

Manfaat Dan Sumber Gizi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

 
Manfaat Dan Sumber Gizi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh MANFAAT DAN SUMBER GIZI BAYAM BAGI KESEHATAN TUBUH
Sejak zaman film kartun Popeye, Bayam sudah terkenal sebab kemampuannya bisa menambah stamina tubuh. Daun hijau ini juga tidak menimbulkan Bisep yang akan mengembang menyerupai balon, Bayam banyak mengandung banyak vitamin dan mineral dan rendah kalori serta gampang pengelolaannya dalam memasak.
Menurut dr. Megan Ware, spesialis gizi di Orlando, Florida mengatakan, “Makan bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan tulang yang besar lengan berkuasa serta membantu sistem pencernaan menurunkan resiko penyakit jantung, dan meningkatkan kontrol Glukosa dalam darah pada penderita Diabetes. 
Menurut Arizona State University, Bayam diyakini berasal dari Persia, tiba ke China pada kala ke-7 dan memasuki Eropa pada kala ke-13. 
Bayam merupakan termasuk dalam keluarga  Chenopodiaceae dan terdiri dari 3 jenis bayam yaitu :
  1. Bayam Savoy : Daunnya keriting dan sangat keriput dan berwarna hijau gelap.
  2. Semi Bayam Savoy : Bayam yang agak kurang keriput dan baik dipakai dalam memasak.
  3. Bayam Daun Datar : Daunnya sangat halus dan bisa dimakan dalam keadaan mentah.
Bayam merupakan salah satu sumber terbaik kalium dan magnesium. Dua sumber gizi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan badan manusia. Bayam mengandung 839 miligram kalium per mangkuk (dimasak), Sebagai perbandingan 1 mangkuk irisan pisang mengandung sekitar 539 mg potasium.
Beberapa manfaat kalium buat kesehatan badan diantaranya pemberian terhadap massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang dan penurunan pembentukan Batu Ginjal.
Bayam juga sumber Vitamin K, Vitamin A, Mangan, Folat, Tembaga, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin E, Kalsium dan Vitamin C. 
Bayam juga merupakan sumber yang baik untuk  seng, serat makanan, fosfor, Vitamin B1 dan kolin. Bayam juga berisi adonan unik dan bermanfaat dari fitronutrien serta anti-oksidan, flavonoid dan karotenoid.
Bayam juga sumber yang baik dari kuliner Nabati sebagai sumber Zat Besi. Hal yang sama juga berlaku dari kandungan protein bayam diseluruh dunia. Sebagian besar kalori dalam bayam berasal dari protein. Hal ini menciptakan Bayam sangat terkenal buat penderita Vegetarian dan sangat cocok dipakai untuk Diet.
Berikut ialah fakta-fakta sumber nutrisi pada Bayam berdasarkan US Food and Drug Administration yang mengatur pelabelan kuliner melalui Label Gizi dan Pendidikan Act.
Manfaat Dan Sumber Gizi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh MANFAAT DAN SUMBER GIZI BAYAM BAGI KESEHATAN TUBUH
The National Osteoporosis Foundation merekomendasikan makan bayam untuk Vitamin K dan Magnesium. Hanya dengan semangkuk sayur bayam mengandung 987 persen yang luar biasa untuk kebutuhan Vitamin K dan 39 persen akan kebutuhan Magnesium badan anda.
Menurut University of Maryland Medical Center beberapa tahun belakangan ini telah terbukti bahwa Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Nutrition bahwa asupan Vitamin K bisa mengurangi resiko patah tulang sedangkan dengan Vitamin D sanggup meningkatkan kepadatan tulang dan sanggup mempengaruhi keseimbangan kalsium. Tubuh Anda juga sangat membutuhkan Vitamin K untuk membangun tulang Anda dan efeknya sangat terasa bagi kaum wanita.
Tingginya tingkat Kalium dalam Bayam juga membantu melindungi terhadap hilangnya mineral kepadatan tulang. Disamping itu bayam juga mengandung Kalium yang sangat penting untuk kesehatan tulang. 


Hal yang paling umum dalam Anemia ialah kekurangan Zat Besi sehingga darah tidak cukup untuk menghasilkan hemoglobin, protein darah yang memperlihatkan warna merah pada darah dan mengangkut oksigen ke organ lainnya. Mengkonsumsi kuliner yang banyak mengandung zat besi sangatlah penting bagi mereka yang menderita Anemia. Dengan 36 persen kebutuhan zat besi harian Anda dengan Semangkuk Sayur Bayam ialah pilihan yang sempurna menurut  Nasional Organisasi Kesehatan Perempuan serta National Heart, Lung and Blood Institute yang merekomendasikan makan bayam sebagai belahan dari pencegahan anemia.
Apakah rambut Anda ingin nampak sehat? Kosumsilah Bayam. Menurut dr. Ware, Bayam kaya akan Vitamin A, Nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan Sebum untuk menjaga rambut. Vitamin A juga sangat dibutuhkan oleh semua jaringan dalam badan termasuk pada kulit dan rambut. 
Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, vitamin A adalah senyawa di retinoid, yang populer dalam perawatan kulit antipenuaan. Selanjutnya, vitamin C dapat membantu menjaga kulit tampak muda dan bantu dalam penyembuhan luka. Asupan vitamin C, yang bayam dapat membantu untuk memberikan, diperlukan untuk membangun dan pemeliharaan kolagen, yang menyediakan struktur untuk kulit dan rambut.
Menurut dunia Makanan sehat, tidak menyerupai kebanyakan buah-buahan dan sayuran lainnya, bayam mengandung zat pelawan kanker yang disebut glucuronides methylenedioxyflavonol. Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan lutein, zeaxanthin, neoxanthin dan violaxanthin. Semua ini adalah antiinflamasi, yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.
Tingkat tinggi bayam dunia klorofil mungkin memiliki antikanker dan efek antikarsinogen. Sebuah tinjauan penelitian diet anti kanker yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menjelaskan bahwa ini ialah karena chorophyll membantu hidrokarbon bersama-sama mengikat, aflatoksin dan molekul hidrofobik lain yang mungkin berafiliasi dengan kanker dan mengusir mereka. Selain itu, sebuah studi Jepang 2001 menemukan bahwa daun bayam mengandung dua promotor antitumor kuat.
Beberapa studi telah mencatat kemungkinan efek antikanker di kalangan prostat, payudara dan kanker prostat. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition melihat 15 jenis karotenoid untuk melihat apakah mereka dilawan sel-sel kanker dan menemukan hanya neoxanthin dari bayam dan fucoxanthin dari ganggang coklat secara signifikan efektif.

Satu studi tiga tahun dari 1990-an menemukan bahwa wanita yang makan bayam mentah atau wortel lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, sementara penelitian yang lebih baru dari 2009 melihat hubungan antara asupan flavonoid dan kanker ovarium. Di antara banyak temuan, penelitian skala besar ini melihat risiko lebih rendah terkena kanker ovarium pada perempuan yang makan paling bayam daripada mereka yang makan sedikit.

Sementara penelitian kanker sebagian besar masih berfokus pada fitonutrien, antioksidan dan flavonoid secara keseluruhan, dan tidak bayam khusus, profil flavonoid bayam yang tinggi menunjukkan hal itu mungkin memiliki manfaat pencegahan kanker secara keseluruhan.

Bayam juga banyak mengandung Beta-karoten yaitu Beta-karoten yang  juga sanggup membantu penderita asma mengurangi gejala mereka. Satu studi dari Annals of Asma, Alergi & Imunologi menemukan bahwa orang dengan asma akibat olahraga tidak mengalami gejala selama sesi latihan intens tujuh menit setelah mengkonsumsi 64 mg betakaroten selama satu minggu. Banyak orang secara otomatis berpikir dari buah-buahan dan sayuran berwarna oranye ketika berpikir beta-karoten, tetapi bayam juga merupakan sumber yang sangat baik,” kata Ware.

Konten magnesium Bayam juga mungkin baik untuk penderita asma. Magnesium dapat menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma. Tapi kajian literatur dari penelitian yang melibatkan magnesium dan asma menemukan bahwa hanya magnesium intravena meyakinkan membantu; efektivitas lisan atau menguap magnesium tidak jelas.

Bayam mengandung antioksidan yang sangat besar lengan berkuasa yang dikenal sebagai  alpha-lipoic acid yang telah terbukti bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi neuropati perifer (kelemahan atau mati rasa ditangan atau kaki) pada pasien Diabetes. The University of Maryland Medical Center mencatat bahwa banyak penelitian yang telah dilakukan dengan asam alpha-lipoic intravaneous, bagaimanapun, jadi kurang jelas bahwa mengkonsumsi antioksidan dengan mulut memiliki hasil yang sama. Satu 2006 studi yang dipublikasikan di Diabetes Care menemukan bahwa mengkonsumsi 600 mg asam alpha-lipoic melalui mulut setiap hari selama lima minggu membaik gejala neuropati, seperti menusuk dan membakar nyeri, mati rasa di kaki dan paresthesia (kesemutan atau gatal sensasi), lebih dari plasebo.
Ware mencatat bahwa kadar kalium bayam yang sehat-hati. “Intake kalium tinggi berafiliasi dengan penurunan risiko stroke, menurunkan tekanan darah, risiko lebih rendah dari final hidup tanggapan penyakit jantung.”Kalium merupakan belahan penting dari kesehatan jantung, berdasarkan American Heart Association. Banyak penelitian telah menghubungkan dengan tekanan darah rendah sebab mempromosikan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah), berdasarkan Hari mahir diet. Satu studi dari 12.000 orang dewasa, yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 4.069 mg potasium setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung iskemik (ditandai dengan berkurangnya pemikiran darah ke jantung) sebesar 37 persen dan 49 persen , masing-masing, dibandingkan dengan mereka yang mengambil 1.793 mg per hari.Tingkat astronomi bayam ini vitamin K juga terkait dengan kesehatan jantung dan pembekuan darah. Menurut Linus Pauling Institute, vitamin K merupakan faktor penting dalam pembekuan darah, dan kurangnya sanggup menimbulkan perdarahan. Ada juga saran bahwa vitamin K sanggup mengurangi risiko penyakit jantung sebab tanpa itu, prosedur yang menghentikan pembentukan darah kalsifikasi pembuluh sanggup menjadi tidak aktif. Studi masih tidak meyakinkan, namun, dan satu review dari mereka, yang diterbitkan dalam Kemajuan dalam Nutrition, menyarankan bahwa penelitian masa depan harus fokus khusus pada pasien kekurangan vitamin-K.  
The esensialitas asam folat (juga dikenal sebagai folat) selama kehamilan adalah terdokumentasi dengan baik. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung sarafkhusus spina bifida dan anencephalyyang terjadi pada awal kehamilan. Karena sulit bagi perempuan untuk mendapatkan asam folat yang cukup dari makanan saja, Centers for Disease Control merekomendasikan mengambil 400 mcg jika Anda sedang hamil atau mungkin hamil. Tetapi bayam juga dapat membantu meningkatkan asupan asam folat Anda, dengan 66 persen dari harian kebutuhan (prakehamilan) folat per mangkok.
Bayam merupakan sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang berafiliasi membantu kesehata mata dari makula dan katarak. Menurut The Scripps Research Institute, penelitian telah memperlihatkan bahwa mereka yang makan bayam tiga kali per minggu memiliki risiko 43 persen lebih rendah untuk mengembangkan degenerasi makula.
Bayam juga bisa menjadi kuliner yang berbahaya kalau dikonsumsi secara berlebihan dan membelinya disembarang tempat.
Bayam berada pada peringkat nomor tujuh dalam daftar kuliner sehat yang diterbitkan oleh Dirty Dozen sebuah kelompok Lingkungan. Jika memungkinkan belilah Bayam Organikdan pastikan Anda mencuci terlebih dahulu hingga bersih.
 Jika ginjal tidak berfungsi penuh, terlalu banyak mengkonsumsi kalium dapat menyebabkan jumlah kelebihan kalium dalam darah dan bahkan berakibat fatal,” kata Ware. Bayam juga mengandung oksalat, yang dapat berbahaya bagi orang-orang dengan ginjal atau kandung empedu masalah. Akumulasi berlebihan oksalat dapat mengkristal dan menimbulkan masalah, menurut Foods Sehat di dunia.
Masukkanlah bayam dalam resep harian favorit Anda. Tumislah bayam dalam jumlah kecil dengan minyak zaitun, lada hitam dan parutan keju. Sajikan sebagai materi dasar buat ayam panggang atau salmon. 
Tambahkan bayam dalam Sandwitch atau flatbread pengganti daun selada atau gunakanlah Bayam sebagai materi dasar salad Anda. 
Tambahkan bayam untuk setiap hidangan telur menyerupai telur dadar, Atau gunakanlah Bayam sebagai materi jus Anda.
Semoga Manfaat Dan Sumber Gizi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Anda ini sanggup bermanfaat buat kita semuanya. 
 
 
Simber: livescience.com

    

     

       

author
Penulis: 
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi  
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein GPC1 Dapat Mengetahui Gejala Kanker Pankreas
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan   Anak
    7 Manfaat Pineberries Buat Kesehatan Anda
    7 Manfaat Pineberries Buat Kesehatan Anda
    7 Manfaat Pineberries Buat Kesehatan Anda Apakah

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top