Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever

In Kesehatan 5 views

Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever


 merupakan penyakit yang menyerang cuilan organ dalam badan yaitu Hati KHASIAT TEMULAWAK BUAT PENYAKIT LEVER

Mahessa83-Penyakit Lever atau Penyakit Hati merupakan penyakit yang menyerang cuilan organ dalam badan yaitu Hati. Apabila cuilan organ ini sudah terjangkit penyakit maka fungsinya sebagai penyaring darah tidak akan maksimal sehingga metabolisme dalam badan tidak terkendali. Jika penyakit lever ini sudah masuk kedalam tahap dilema yang serius akan mengakibatkan terjadinya pendarahan sehingga sel darah merah akan berkurang. 
 merupakan penyakit yang menyerang cuilan organ dalam badan yaitu Hati KHASIAT TEMULAWAK BUAT PENYAKIT LEVER
Hati organ besar dalam badan insan yang terletak dibagian bawah kanan tulang rusuk ini mempunyai fungsi diantaranya;
  • Sebagai daerah pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah
  • Sebagai daerah penyimpanan zat-zat mineral
  • Sebagai daerah penyadangan air dan daerah pembakaran gula serta pembentukan kolesterol
  • Sebagai daerah mengubah lemak menjadi asam lemak
  • Zat-zat racun yang masuk dari luar badan maupun yang terbentuk di dalam badan akan dibuang ke hati bersma-sama dengan cairan empedu menuju usus.  
Penyakit Lever sanggup disebabkan oleh virus yang dikenal dengan Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B atau Hepatitis Non A dan Non B. Selain itu penyakit lever sanggup juga disebabkan dari teladan makan yang salah atau zat-zat kimia yang terkadung dalam obat menyerupai antibiotika, parasetamol, arsenal dan obat-obatan yang dikonsumsi insan dalam bentuk hidangan fast food. 
Jangan dilupakan pula bahwa zat-zat cemaran dari polusi udara bisa menyerang hati secara lambat laun tetapi pasti. Timah hitam (Pb) dan kadmium (Cd) merupakan kntaminan terbesar dari seluruh bubuk logam di udara. Kontribusi terbesar Pb dan Cd berasal dari knalpot kendaraan bermotor yang selain mencemari udara, juga sanggup mencemari kuliner dan air. Zat-zat polutan tersebuta akan disimpan secara akumulatiof dalam hati dan dalam jangka waktu yang usang sanggup mengakibatkan sirosis hati.
Minuman beralkohol yang menjadi cuilan dari gaya hidup sebagian kaum selebriti sanggup juga menjadikan sirosis hati sehabis di knsumsi dalam waktu yang lama. Selain terhadap hati, alkohol juga sanggup menyerangt otot-otot jantung dan otak.
Penderita gangguan lever dianjurkan makan kuliner yang dikukus atau direbus dan menghindari goreng-gorengan, lantaran lemak daoat merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit. Juga perlu dihindari kuliner yang terlalu banyak mengandung cuka, lengkuas, cabai, bawang, dan rempah-rempah, menyerupai merica, pala, dan ketumbarm lantaran bahan-bahyan tersebut sanggup merangsang lambung, dan secara refleks hati menjadi nyeri. Perbandingan kuliner yang mengandung kemak, protein, dan karbohidary yakni 1:1:5
 merupakan penyakit yang menyerang cuilan organ dalam badan yaitu Hati KHASIAT TEMULAWAK BUAT PENYAKIT LEVER
  
  1. Pola hidup yang tidak sehat
  2. Minum obat secara berlebihan
  3. Mengkonsumsi kuliner tidak sehat atau higienis
  4. Minum beralkohol 
  5. Pola makan yang tidak teratur dan seimbang
  6. Kurang istirahat

Gejala Penyakit Lever

  1. Mudah lelah dan lesu
  2. Mengalami depresi
  3. Nyeri disisi kanan perut
  4. Nafsu makan hilang
  5. Mual, Muntah dan Diare
  6. Warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan atau bahkan kuning
  7. Persendian terasa nyeri
  8. Air seni berwarna gelap atau menyerupai air teh

Cara Menyembuhkan Penyakit Lever Secara Alami

Menjaga Lever biar tetap sehat yakni dengan mengkonsumsi Temulawak (curcuma xanthorriza) berasal dari family Zingiberaceae yang banyak ditemukan di hutan-hutan tropis termasuk Indonesia. Dari segi kualitas, Temulawak yang tumbuh di Indonesia termasuk yang paling baik bila dibandingan dengan yang tumbuh di negara-negara lain. 
Rimpang Temulawak banyak mengandung curcumin yang bermanfaat meningkatkan acara enzim Glutathione S-transferase (GST) serta kelompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang mempunyai peranan penting sebagai detoksifkasi dan antioksidan. 
Kandungan utama rimpang temulawak yakni protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).
Temulawak mempunyai efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.
Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur kuliner untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang sanggup mengusir nyamuk, lantaran tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.
Temulawak atau curcuma Xanthorrizha telah dikenal oleh Bangsa Indonesia sebagai tumbuhan herbal yang bermanfaat semenjak zaman dahulu.
Di Indonesia satu-satunya cuilan yang dimanfaatkan yakni rimpang temu lawak untuk dibentuk jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya sanggup meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi dan penyakit Lever. Manfaat lain dari rimpang tumbuhan ini yakni sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.
 merupakan penyakit yang menyerang cuilan organ dalam badan yaitu Hati KHASIAT TEMULAWAK BUAT PENYAKIT LEVER
Rebuslah dua ruas temulawak seukuran jari sampaumur dengan setengah liter air serta tambahkan gula aren. Jika air rebusan sudah tersisa setengahnya, Kemudian saring dan minum airnya dua kali dalam sehari sampai sembuh. Selain sanggup menyembuhkan Penyakit Lever, Temulawak juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol, meredakan nyeri haid, meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak, menyembuhkan sembelit, menghilangkan infeksi dari dalam, 
Untuk menurunkan Kadar Kolesterol, Temulawak cukup diolah dengan cara dikeringkan kemudian di tumbuk dan diseduh dengan air panas 1 gelas. Setelah berubah warna menjadi lebih pekat, air seduhan sanggup disaring, kemudian diminum eksklusif dengan takaran 2 x sehari.
Untuk meredakan nyeri haid, Temulawak cukup direbus dengan 1 gelas air untuk 1 timpang temulawak. Kemudian tambahkan gula aren. Setelah mendidih masukan masukkan asam kawak ke dalam rebusan dan saring air rebusannya dan diminum secara teratur.
Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak, Temulawak diolah bersama dengan beberapa rempah obat lainnya.  Caranya yakni rebuslah 2 rimpang temulawak dengan seperempat rimpang lengkuas dan setengah genggam daun meniran dalam 3 gelas air. Setelah air rebusan tersisa 2/3 nya, saring dan minum 2 x sehari masing-masing setengah gelas. 
Untuk menyembuhkan sembelit, Cukup menggiling 1 rimpang temulawak bersama biji sesawi kemudian tambahkan air mendidih dan saring. Minum auir saringannya 1 kali sehari.
Untuk menyembuhkan infeksi dari dalam, Buatlah ramuan rebusan 1 rimpang temulawak yang telah di iris-iris dengan 4 gelas air. Setelah mendidih dan air menyusut, saring airnya kemudian tambahkan dengan madu. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas saja.
Begitu banyak Khasiat Temulawak khususnya untuk menyembuhkan Penyakit Lever dan penyakit lainnya. Semoga Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever bermanfaat bagi kita semua.            
Sumber:
-penyakitlever.com 
-drwox.com
-id.wikipedia
  

author
Author: 
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi Mahessa83-Nyeri
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein GPC1 Dapat Mengetahui Gejala Kanker Pankreas
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan Mahessa83–Anak yang

    Comments are closed.

    Must read×

    Top