Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah

Di Bisnis 47 views

Budidaya Jamur merang mungkin sudah tidak abnormal lagi ditelinga kita alasannya yaitu flora ini sering disajikan dalam hidangan menu kuliner kelas menengah atas,walau bahwasanya masakan berbahan jamur merang ini juga digemarinya namun hanya beberapa saja yang menyediakan hidangan andalan ini.

Jamur merang mempunyai nama latin Volvariella Volvacea ini disebut dengan nama jamur merang alasannya yaitu pada jaman dahulu aneka macam ditemukan tumbuh diatas sisa sekam padi hasil penggilingan,yang kemudian dicoba untuk dijadikan materi makanan. Karena rasanya yang enak,kenyal serta bernilai nutrisi tinggi inilah yang kemudian banyak orang membudidayakan jamur merang .

Seiring bergantinya waktu dan tehnik budidaya,jamur merang ini tidak hanya sanggup ditanam melalui media tanam berupa sekam padi saja,namun sanggup ditanam juga pada media tanam seberti kardus.karena materi yang satu ini sangat gampang didapatkan.

 mungkin sudah tidak abnormal lagi ditelinga kita alasannya yaitu flora ini sering disajikan dalam   Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah
sumber gambar : anneahira.com

Harga per kilo dari jamur merang ini berkisar antara 9.000 hingga 12.000 rupiah per kilogram bila melalui pengepul. Bila saja anda sanggup menjual eksklusif kepada calon konsumen harganya pun sanggup lebih tinggi lagi hingga tembus 20.000 per kilogram nya. Coba hitung bila penghasilan panen anda per hari mencapai 10Kg/hari maka penghasilan anda dalam satu bulan keuntungan yang sanggup anda peroleh minimal yaitu 3 juta rupiah. Wah tentu sangat menggiurkan bukan bisnis budidaya jamur merang ini?. Bila anda tertarik untuk mencoba menjadi pembudidaya berikut yaitu tata cara membudidayakan jamur merang :

Persiapan Lahan Budidaya Kumbung.
Kumbung yaitu sejenis bangunan / petak yang sengaja dibentuk untuk acara budidaya jamur,tidak hanya jamur merang kumbung juga sanggup dipakai sebagai tempat budidaya jamur apapun.
Bentuknya hampir ibarat mirip rumah kaca,anda sanggup menciptakan bangunan semi permanen dengan materi bambu / besi dan dinding sanggup memakai plastik. Bila anda ada modal lebih sanggup juga membangun bangunan permanen. untuk permulaan anda sanggup menciptakan bangunan ini dengan ukuran 6 meter x 4 meter dan dengan tinggi 3 meter. Didalam bangunan kumbung terdapat dua buah rak di kiri dan dikanan yang terbuat dari bambu,fungsi dari rak ini nantinya untuk menata media tanam,rak sanggup dibentuk hingga tiga tingkat atau diubahsuaikan dengan bentuk bangunan kumbung dan daya jangkau tangan ketika akan memanen .

 mungkin sudah tidak abnormal lagi ditelinga kita alasannya yaitu flora ini sering disajikan dalam   Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah
sumber gambar : kaskus.co.id

Bila anda mempunyai keterbatasan modal cukup buat petakan kecil ibarat bak ikan saja untuk menaruh media tanam.

Bahan Media Tanam :

  • Jerami dan sekam padi.
  • Air kapur sirih.
  • daun kelapa anyam sebagai bantalan menata jerami diatas rak.

Pembibitan Jamur Merang.

  • Cari benih / bibit jamur merang pada tumpukan jerami sisa panen ( biasa disawah banyak ) atau anda sanggup membeli bibit jamur merang ke penjual yang ada didaerah anda.
  • Cincang kecil kecil jamur merang tersebut untuk dijadikan bibit,masukkan kedalam wadah dan sterilkan dengan cara menyiram dengan air hangat.
  • Aduklah sekam padi kedalam wadah tadi kemudian tutup wadah tersebut dengan rapat dan biarkan berfermentasi selama kurang lebih 4 hari.
  • Setelah proses fermentasi selesai,silahkan anda buka tutup wadah tersebut,silahkan anda perhatikan bila didalam terbentuk serat jaring keuntungan laba berarti pembibitan berhasil. Namun bila tidak menemukan yang dimaksud berarti proses gagal dan anda harus mengulang prosesnya dari awal.

Cara Budidaya jamur merang.
Setelah semua persiapan simpulan dibuat,saatnya anda mulai melaksanakan pengkomposan media tanam caranya yaitu sebagai berikut :

  • Campurkan materi tanam berupa bubuk sekam,sekam padi serta jerami kemudian siram memakai air kapur sirih dan biarkan menjadi kompos selama kurang lebih 4 hari ( disebut proses pengkomposan ).
  • Setelah proses kompos selesai,silahkan tata media tanam diatas bedengan yang sebelumnya telah dialasi setinggi plus minus 20cm dari permukaan lantai.
  • Taburkan bibit yang telah anda buat tadi diatas permukaan kompos media tanam,setelah ditabur rata silahkan anda tutup lagi permukaan media tanam yang telah diberi bibit memakai sekam padi ( jangan terlalu tebal ).
  • Setelah itu sanggup anda siram dengan alat penyiram bunga atau sejenisnya setiap pagi dan sore hari selama satu ahad ( anda sanggup menambahkan 2 sendok makan pupuk urea kedalam 20 liter air guna mempercepat tumbuhnya jamur.
  • Dalam tempo 2 ahad sesudah pembibitan maka akan tumbuh benih benih jamur merang.

Proses Panen jamur merang.
Dalam pemanenan,yang dipanen yaitu jamur yang masih dalam keadaan kuncup,sehingga jangan hingga jamur merang ini tumbuh hingga mekar,setelah epilog kuncup robek ketika itulah waktunya untuk memanen.

Jamur merang bukanlah jenis materi pangan yang sanggup disimpan dengan waktu yang lama,dengan demikian sesudah anda panen sebaiknya eksklusif anda jual atau anda olah menjadi asinan atau dikeringkan bila menginginkan masa simpan yang lama.

Nah itulah tadi cara membudidayakan jamur merang,estimasi dalam setiap 45 kilogram media tanam jerami akan menghasilkan kurang lebih 14 kilogram jamur merang segar .

author
Penulis: 
    Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
    Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
    Databerita.com – Bisnis online merupakan salah satu
    Di Pedesaan
    Di Pedesaan
    Peluang perjuangan di pedesaan Banyak orang yang
    √ Bisnis Yang Paling Banyak Digemari Wanita
    √ Bisnis Yang Paling Banyak Digemari Wanita
    Databerita.com – Beberapa orang lebih menentukan untuk
    Membuka Perjuangan Kuliner?Berikut Tips Perjuangan Kuliner
    Membuka Perjuangan Kuliner?Berikut Tips Perjuangan Kuliner
    Banyak sekali peluang perjuangan yang sangat menjanjikan
    Mengeruk Uang Dari Desain Logo
    Mengeruk Uang Dari Desain Logo
    Setiap jenis perjuangan niscaya tak lepas dari

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top