14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

In Kesehatan 4 views

14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh


 bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak absurd lagi 14 MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN TUBUH


Mahessa83-Buah Kurma bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak absurd lagi. Buah yang berasal dari Teluk Persia ini merupakan salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. Selain sebagai makanan pembuka berpuasa, ternyata Kurma juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut 14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu Anda ketahui.
Kurma (phoenix dactylifera) adalah tumbuhan palma (aracaceae) dalam genus phoenix yang diyakini berasal dari Teluk Persia. 

 bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak absurd lagi 14 MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN TUBUH


Buah yang berbentuk lonjong-silinder ini memiliki panjang 3-7 centimeter dan berdiameter sekitar 2-3 centimeter. Ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang  tergantung dari jenisnya. Kurma yang telah matang dibagi menjadi 4 golongan yaitu, kimrti (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut) dan tamr (matang, dikeringkan dengan pinjaman sinar matahari).
Kandungan Kurma kering (bagian yang sanggup dimakan) mengandung nilai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Setiap 100 g (3,5 oz) mengandung,

KANDUNGAN GIZI BUAH KURMA (100 gr)
 bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak absurd lagi 14 MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN TUBUH

 Sumber: USDA National Nutrient Database for Standard Reference

14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh


1. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Sembelit

Kurma ialah sumber serat pangan yang baik. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih gampang dikeluarkan.

Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. Serat pangan larut sanggup membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Sembelit atau sulit buang air besar biasanya terjadi kalau tubuh kita kekurangan asupan serat. Kandungan yang tinggi pada Buah Kurma akan bisa mencegah Sembelit serta memperlancar akses pembuangan air besar. Sementara untuk mengatasi Sembelit yang telah terjadi Anda perlu merendan terlebih dahulu Buah Kurma dengan air selama semalam, Kemudian minumlah sirup kurma tersebut untuk mengatasi Sembelit yang sedang Anda alami.


2. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Diare

Selain sanggup mengatasi Sembelit, Kurma juga ternyata sanggup dipakai untuk mengatasi Diare. Menurut penelitian Buah Kurma sanggup memperbaiki kinerja usus dan menjaga kesehatan usus.


3. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada Buah Kurma dianggap sanggup menyembuhkan aneka macam macam gangguan usus. Dengan mengkonsumsi Buah Kurma secara rutin akan bisa menghambat pertumbuhan mikro organisme yang sanggup menimbulkan penyakit dan menstimulasi pertumbuhan kuman yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Kandungan serat dan asam animodalam Buah Kurma sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan makanan sehingga lebih efisien atau dengan kata lain ada banyak nutrisi yang akan di serap oleh sistim pencernaan.


4. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada Buah Kurma bisa meningkatkan kekuatan tulang dalam melawan penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.


5. Manfaat Kurma Untuk Mengatasi Anemia

Gejala Anemia atau kekurangan darah biasanya terjadi lantaran kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Kandungan zat besi pada buah kurma sangat baik untuk dijadikan embel-embel diet bagi penderita anemia serta bisa mengurangi tanda-tanda lelah dan lesu yang sering timbul pada penderita anemia.


6. Manfaat Kurma Untuk Mengatasi Alergi

Kandungan belerang organik pada buah kurma bisa mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.


7. Manfaat Kurma Dalam Menambah Berat Badan

Kandungan gula, protein, dan vitamin bisa memenuhi kebutuhan energi harian Anda. Dalam 1 kilogram kurma bisa menghasilkan energi sebesar 3000 kalori. Bila Buah Kurma dikonsumsi bersama dengan Buah Mentimun maka Anda akan bisa menjaga berat tubuh tetap normal.


8. Manfaat Kurma Dalam Meningkatkan Energi Tubuh

Kandungan gula alami yang tinggi dalam buah kurma menyerupai glukosa, fruktosa, dan sukrosa menjadikan buah ini merupakan kudapan yang sangat baik dikala Anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Biasanya orang akan mengkonsumsi kudapan kurma dikala sore hari dimana terasa ngantuk dan letih.


9. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Saraf

Kurma mengadung banyak vitamin B yang dikenal sebagai vitamin neurotropik yaitu vitamin yang bisa menjaga kesehatan sistem syaraf. Selain itu kandungan potassium dalam kurma merupakan materi utama untuk menstimulasi sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan acara otak. Oleh lantaran itu, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menua atau yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

10. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Jantung

Kurma kaya akan potassium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya stroke. Mengkonsumsi buah kurma 2 kali seminggu bisa menjaga kesehatan jantung secara signifikan. 

11. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Reproduksi

Kandungan estradiol dan flavonoid pada kurma bisa meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria. 

12, Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah kurma secara teratur bisa mengurangi frekuensi rabun senja.


13. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Mabuk

Buah Kurma juga sanggup menyadarkan Anda dari  mabuk lantaran alkohol dan mencegah rasa pening Anda keesokan harinya.


14. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Kanker Abdomen

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buah Kurma bisa mengurangi resiko dan pengaruh dari Kanker Abdomen. Karena Buah Kurma bisa bekerja sebagai Tonik untuk memulihkan energi secara cepat.


Itulan 14 Manfaat Kurma Buat Kesehatan Tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat buat kita semua. 



Sumber:javatalk.info, id.wikipedia

author
Author: 
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi
    3 Cara Alami Menyembuhkan Nyeri Sendi Mahessa83-Nyeri
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein Gpc1 Sanggup Mengetahui Tanda-Tanda Kanker Pankreas Semenjak Dini
    Protein GPC1 Dapat Mengetahui Gejala Kanker Pankreas
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan
    6 Fakta Mengejutkan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan Mahessa83–Anak yang

    Comments are closed.

    Must read×

    Top