√ 9 Tempat Kuliner Bali yang Legendaris

By | Januari 28, 2020

Databerita.com – Jika berbicara tentang Bali pasti semua orang langsung tertuju ke obyek wisatanya. Pulau Dewata ini memang terkenal sebagai surga bagi para pelancong. Namun Pulau Bali juga memiliki wisata kuliner yang khas dan legendaris. Tempat kuliner ini bahkan bisa bertahan hingga sekarang karena cita rasanya.

 

Berikut ini kami rangkum 9 tempat kuliner khas Bali yang legendaris:

 

1. Nasi Tekor

Nasi Tekor

Nasi tekor terbuat dari nasi campur dengan lauk lawar biuh batu, ayam serapah, sambal bali, ayam panggang dan kuah ares. Tempat nongkrong di Bali ini menyuguhkan pemandangan vintage era 90-an. Menjadikan salah satu tempat makan romantis di Bali.

Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati nomor 28 Denpasar, Bali.

 

2. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Ayam Betutu Men Tempeh

Ciri khas bumbu ayam betutu yang pedas dipadu dengan bumbu rempah khas Bali pasti bikin ketagihan. Dengan sambal matah dan sayur plecing, semakin menambah kenikmatan ayam betutu Men Tempeh, kuliner Bali ini sangat terkenal.

Men Tempeh dikenal sebagai tokoh yang menjadi srikandi kuliner Pulau Dewata. Dan namanya sejajar dengan perintis kuliner lain, seperti Bu Agung Oka (babi guling Ubud) dan Made Mash (Made’s Warung). Sentra kuliner ayam betutu di Gilimanuk ini sudah ada sejak tahun 1976.

Alamat: Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

 

3. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang menggunakan ayam bakar dari ayam kampung asli. Yang menjadi favorit disini adalah menu ayam plecing dan ayam sasaknya yang enak dan mantap.

Ayam Taliwang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah dan tentu saja rasa pedas yang menjadi ciri khasnya. Yang unik dari makanan ini adalah semua bumbu di masukan ke dalam perut ayamnya sehingga rasa rempah rempah tersebut menyebar ke seluruh daging dan terasa nikmatnya.

Proses memasak ayam bakar Taliwang ini dipanggang selama 24 jam di bara api untuk menghasilkan rasa dan aroma yang tajam serta khas.

Alamat: Jl. Tenungku Umar nomor 10 Denpasar, Bali.

 

4. Warung Nasi Bali Men Weti

Warung Nasi Bali Men Weti

Salah satu tempat makan legendaris Bali yang sudah ada sejak tahun 1970. Tempat makan ini selalu diburu wisatawan lokal dan asing. Nasi campur khas Weti terasa sangat nikmat karena rasa pedasnya yang khas.

Menu spesial disini adalah telur rebus, jukut urap, kulit ayam goreng, suwiran ayam, kacang goreng, dan sambal jika ke sini.

Alamat: Jl. Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Kota Denpasar, Bali.

 

5. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku merupakan nasi campur Bali yang sangat enak. Salah satu tempat makan yang direkomendasikan ada di Desa Kedewatan Ubud, Gianyar, hingga Jalan Tukad Badung No. 11 Renon, Denpasar.

Di sini hanya menyuguhkan satu menu nasi ayam yang dibagi menjadi dua penyajian, yaitu dicampur dan dipisah. Isiannya terdiri dari ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, serta kulit ayam goreng.

Alamat: Jl. Raya Kedawetan No. 18, Ubud, Bali.

 

Baca juga: Berburu Gudeg Pawon di Tengah Malam Yogyakarta

 

6. Warung Wardani

Warung Wardani

Warung Wardani menyajikan kuliner khas Bali, yakni nasi campur ayam dan nasi campur daging. Aroma rempah-rempah khas Bali di setiap masakannya membuat warung ini menjadi primadona bagi pemburu kuliner.

Nasi campur ini dibandrol dengan harga sekitarRp. 30 ribu – 50 ribu. Dengan harga ini membuat Warung Wardani di kategorikan sebagai wisata kuliner Bali murah jika di banding dengan kualitas dan rasa masakannya.

Alamat: Jl. Yudistira No. 2 Denpasar, dan cabangnya di Bandara Ngurah Rai International Air Port, Bali.

 

7. Teba Café Jimbaran

Teba Café Jimbaran

Daerah Jimbaran memang cukup terkenal dengan deretan tempat makan seafood yang enak dan istimewa. Termasuk di Teba Café Jimbaran yang menjadi favorit karena bumbu seafood-nya sangat lezat.

Menu disini disajikan dengan dipanggang, mulai dari tusuk sate cumi, udang, kerang, lobster, dan ikan yang disajikan dengan cita rasa pedas dari sambal spesial. Menu-menu tersebut dilengkapi dengan nasi, sayuran, dan lalapan.

Alamat: Jl. Bukit Permai, Muaya Beach, South Kuta, Jimbaran, Bali.

 

8. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng

Warung Mak Beng adalah wisata kuliner legendaris di Bali. Berdiri sejak tahun 1940, bahkan selalu jadi langganan banyak artis yang ingin mencicipi ikan gorengnya.

Warung Mak Beng hanya menjual satu menu saja, yaitu ikan goreng dan sayur sup kepala ikan, sambal dan nasi.

Warung makan Mak Beng ini termasuk kuliner Bali halal yang menawarkan cita rasa makanan khas Bali dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Alamat: Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

 

9. Sate Plecing Arjuna (Non – Halal)

Sate Plecing Arjuna

Bagi Non – Muslim Sate Plecing juga termasuk kuliner khas Bali yang harus Anda coba. Makanan yang merupakan sate babi bumbu manis dan diberi sambal plecing, sehingga menghasilkan cita rasa yang membuat rasanya istimewa.

Tempat makan sate plecing paling terkenal adalah Sate Plecing Arjuna yang berdiri sejak tahun 1990. Menu yang disajikan adalah sate plecing (babi dan sapi), sate sumsum, soto sapi, dan bakso sapi.

Alamat: Jl. Arjuna No. 47, Dauh Puri Kaja, Kota Denpasar, Bali.

Nah, sobat pelesir itulah tempat kuliner Bali yang legendaris dan wajib Anda coba. Selain menikmati tempat wisatanya yang romantis Anda bisa juga berwisata kuliner di Pulau Dewata ini.