Penasaran Dengan Pecel Ndeso? Ini Resep Dan Cara Membuatnya…!!!

Di Kuliner 44 views

Resep Masakan Jawa Tengah – Bagaimana Cara Membuat Pecel Ndeso? Apa Saja Resep, Bumbu Pecel Ndeso? – Cerita dulu ah… Jika anda jalan jalan di kota Solo di pagi hari sekitar jam 8 – 9, akan berbagai anda jumpai ibu ibu atau nenek nenek yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan atau biasanya di emper toko yang belum buka. Sebagimana kita ketahui kota Solo – Surakarta ini salah satu destinasi wisata di Indonesia, salah satu yang menjadi tujuan utama dalah keraton Surakarta.

Disamping kaya akan potensi Wisatanya anda juga akan melihat keunikan kulinernya yang tidak sanggup anda jumpai di tempat lain, salah satunya kuliner sederhana yang biasa untuk sarapan pagi sebelum anda melakuakan aktifitas yaitu “PECEL NDESO”.

Jajanan yang dibawa selain pecel kurang pandai antara lain bongko, gendar, simbukan, karak, lentho, tahu, gembuk, untir untir dll. kalau ahad pagi anda sanggup jalan jalan di saat car free day di jalan slamet riyadi sekitar keprabon nonongan kauman.

Sebagaimana namanya Pecel Ndeso ini materi dan bumbunya sederhana, namu ada keunikan tersendiri yaitu sambel pecelnya berwarna hitam dan di kombinasikan dengan nasi merah (bhs tempat “sego abang”). Yang bikin menambah keunikan lagi yakni pecel kurang pandai ini disajikan dengan bungkusan daun pisang oleh nenek nenek sehingga khas banget dengan nama “Ndeso-nya”.

Mungkin anda akan bertanya “Kok warnanya hitam, apakah pakai pewarna makanan? ataukah pakai tinta cumi?” damai mitra warna hitam dari sambal pecelnya ini alami, yaitu memakai wijen hitam, jadi dampak warna hitam itu dari wijen.

Penasaran bagaimana rasanya? hmm.. sebaiknya kalau ada waktu sempatkan jalan jalan di kota Solo ini untuk memanjakan pengecap dan perut anda. Tapi bila tak ada waktu untuk ke sana, sebab tempat tinggal anda jauh di luar kota, jangan khawatir saya ada resepnya, mau tau? yuk tak tunjukin…

Resep Dan Cara Membuat Pecel Ndeso Khas Solo – Jawa Tengah

Bahan Sambel pecel ndeso:

  • 200 gram kacang tanah (di goreng pisah dengan bahan/bumbu kemudian haluskan)
  • 2 sdm wijen hitam
  • 2 buah cabe merah
  • 4 buah cabe rawit (sesuaikan tingkat pedasnya)
  • 4 sdm gula merah (perkirakan sendiri)
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt Terasi udang orisinil (bisa beli yang rencengan, secukupnya)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 cm kencur

Bahan Pelengkap kulup (lalapan)

  • 100 gram kangkung dipotong” (perkirakan sendiri berapa banyaknya)
  • 100 gram bayam dipotong”
  • 1 ikat (genggam) kacang panjang
  • 100 gram taoge pendek bentuk kriting
  • 5 – 10 bunga turi (jika ada, sesuai selera)
  • 200 ml air (secukupnya)
  • 1 stengah sdt garam (secukupnya)
  • 1 sendokmakan air asam jawa

Proses Cara Membuat Pecel Ndeso

  1. Mula mula silahkan rebus kulup (lalapan) yang terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dan bunga turi. Jangan bareng ya perkirakan mana yang agak usang layunya paling awal. yag penting jangan terlalu usang nanti lembek, biarkan ada kriuk kriuknya, bila sudah sisihkan dahulu..
  2. Kemudian goreng dengan minyak sedikit bahan/bumbu pecel yang terdiri dari cabai, bawang, wijen, terasi daun jeruk, kencur (kecuali garam dan gula jawa) jangan usang lama ya yang penting layu
  3. Lalu uleg uleg haluskan semua bumbu/bahan pecel ndeso, bersam garam gula merah Jika sudah halus campurkan kacang tanah yang sudah halus tadi.
  4. Kemudian tambahkan air asam sambil di aduk dan tercampur rata pakai sendok atau apalah yang penting materi sambel pecel kurang pandai tercampur sempurna, bila sudah tercampur rata berarti sudah beres…

Saran Penyajiannya, 

  1. Larutkan dahulu sambel pecel kurang pandai tadi dengan 200 ml air atau secukupnya sesuai selera anda, mau semua atau sedikit dahulu, sisanya simpan. 
  2. Tata sayuran diatas daun pisang atau piring sajalah kalau nggak ada daun pisang, kemudian siram dengan sambel pecel kurang pandai tadi. Bisa dimakan secara pribadi atau bersama nasi merah (sego abang) pegngannya kerupuk gendar, wah.. mantep tenan…!!! Selamat menikmati, saya hanya “Ngiring raos”

Coba Juga: Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Yang Paling Enak Ala Yu Sani Solo Baru

Oke sahabat semua, begitulah resep dan cara menciptakan Pecel Ndeso Khas Solo Jawa tengah yang lengkap dan terang tutorialnya. O iya bila masaiha ada sisa sambel pecelnya simpan saja dalam wadah yang kedap udara dan kering, bila menyimpanya lebih dari 1 ahad sebaiknya taruh di kulkas saja…

author
Penulis: 
    Destinasi Wisata Kota Bandung Yang Eksotis
    Destinasi Wisata Kota Bandung Yang Eksotis
    Wisata Di Kota Bandung – Kota bandung
    Resep Dan Cara Menciptakan Empal Gentong Yang Nikmat
    Resep Dan Cara Menciptakan Empal Gentong Yang Nikmat
    Kuliner Khas Cirebon Jawa Barat – Bumbu,
    Resep Dan Cara Gampang Menciptakan Timlo Solo Yang Nikmat
    Resep Dan Cara Gampang Menciptakan Timlo Solo Yang Nikmat
    Masakan Khas Solo – Bagaimana Cara Paling
    Apa Itu Sate Klathak? Nih…Resep Dan Cara Membuatnya
    Apa Itu Sate Klathak? Nih…Resep Dan Cara Membuatnya
    Olahan Daging – Resep Dan Cara Membuat
    Rahasia Resep Rawon Daging Sapi, Mak Nyuss..!!! Rasanya
    Rahasia Resep Rawon Daging Sapi, Mak Nyuss..!!! Rasanya
    Apa resep atau Bumbunya Rawon daging sapi?

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top