Inilah 8 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia

In Olahraga 0 views

Inilah 8 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia

– Apakah anda seorang pecinta olahraga Sepakbola? Memiliki stadion sepakbola dengan skala besar dan megah merupakan harapan banyak negara dan klub-klub sepakbola di dunia ini. Dari sekian banyaknya stadion-stadion sepakbola yang ada di dunia ketika ini berikut 8 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia yang kami sanggup rangkum,

1. International Stadion Yokohama Jepang

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Stadion Nissan atau juga dikenal sebagai Stadion Internasional Yokohama dibangun dengan  biaya mencapai 60,3  milliar Yen Jepang ini bisa menampung 70.000 kawasan duduk. Memiliki 824 lampu dengan 2 layar raksasa serta jaringan pipa air panas raksasa menjadi komplemen tambahan pada stadion Yokohama ini.
Stadion ini selesai dibangun pada bulan Maret 1998 dan digunakan sebagai kawasan pertandingan Piala Dunia FIFA 2002 dalam 3 pertandingan penyisihan group serta partai Final.

2. Marancana Rio De Janeiro, Brasil

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Stadion Jornalista Mário Filho atau biasanya dipanggil Stadion Maracanã merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Amerika Selatan dan Brasil yang diresmikan pada 16 Juni 1050 mempunyai kapasitas 95.000 kursi. 
Stadion ini digunakan untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 1950 dan Piala Dunia FIFA 2014. Stadion ini direnovasi untuk Piala Dunia FIFA 2014, Piala Konfederasi FIFA 2013, Olimpiade Musim Panas 2016, dan Praolimpiade Musim Panas 2016
Stadion ini merupakan markas klub CR Flamengo dan Fluminense FC

3. Estadio Santiago Bernabeu Madrid, Spanyol

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Kesebelasan sepak bola tertua di Eropa yaitu Madrid, didirikan pada tahun 1902, diusianya yang sangat tua, namun Madrid sendiri belum mempunyai sangkar eksklusif di Negaranya. Hingga pada tahun 1924 sebuah stadion yang secara resmi didirikan sebagai sangkar Madrid ini di bangun. 

Stadion Charmatin begitulah nama stadion pertama yang didirikan oleh Madrid di Wilayahnya tersebut. Namun sangat disayangkan, Stadion megah sekaligus stadion pertama sebagai pencatat sejarah berdirinya diMadrid harus musnah akhir perang sipil di Negara tersebut. namun selang beberapa tahun kemudian tepatnya pada 14 Desember 1947 di tanah yang sama pemerintah setempat membangun stadion gres yang sampai ketika ini masih berdiri dengan sangat megah. Estado Santiao Bernabeu itulah nama stadion pengganti Stadion Charmatin. Stadion Estado pernah dijadikan penyelengara piala dunia pada tahun 1982.  

4. Stadion Olimpico Roma, Italia

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Stadion Olimpiade Roma adalah stadion serbaguna yang terletak di Roma, Italia. Dibangun pada tahun 1937 dan diperbesar pada tahun 1990. Stadion ini mempunyai kapasitas 82.307 kursi. Stadion ini merupakan sangkar dari dua klub sepak bola asal kota Roma yaitu S.S. Lazio dan AS Roma.

Stadion ini pernah digunakan untuk Olimpiade Musim Panas 1960, Universiade Musim Panas 1975, dan Kejuaraan Dunia Atletik IAAF 1987. Dalam ajang piala dunia, stadion ini menjadi kawasan pertandingan final Piala Dunia FIFA 1990.

5. San Siro Milan, Italia

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Stadion Giuseppe Meazza juga dikenal dengan nama San Siro, yaitu stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini yaitu sangkar bagi dua tim Liga Italia dari Serie A: A.C. Milan dan Internazionale.

Stadion Giuseppe Meazza mulai dibangun oleh Piero Pirelli, presiden AC Milan ketika itu, pada 1 Agustus 1925 dan selesai pada 15 September 1926 dengan nama Nuovo stadio Calcistico San Siro. Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 5 juta lira. Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 19 September 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan, yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 – 3.

Pada awalnya Stadion ini yaitu Stadion sangkar bagi AC Milan, sampai pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa Stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada tahun 1947, semenjak ketika itu stadion ini digunakan sebagai sangkar bagi Inter Milan dan AC Milan. Jauh sebelum menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena.

Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama Stadion pada 3 Maret 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter dan Milan. Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama “San Siro” untuk menyebut nama stadion ini, alasannya yaitu Giuseppe Meazza lebih identik sebagai ikon Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan.

Pada tahun 1987 dalam persiapan untuk Piala Dunia pemerintah Italia memperlihatkan dewan kota Milan $30 juta untuk memodernisasikan stadion tersebut, namun balasannya ongkosnya membengkak dua kali lipat.

Pada tahun 1990, stadion ini menjadi kawasan pertandingan final Piala Dunia antara Jerman Barat dan Argentina.

6. Stadion Azahdi Teheran, Iran


 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA


Stadion Azadi yaitu stadion nasional utama Iran yang terletak di Teheran, dan berkapasitas 100.000 kawasan duduk untuk penonton dan menjadi stadion pujian penduduk Iran. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Iran dan sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan resmi maupun persahabatan oleh tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini merupakan bab dari Kompleks Olahraga Azadi.

Stadion ini dibangun pertama kali tahun 1973 dan diresmikan pada tahun itu juga untuk penyelenggaraan Asian Games 1974 di Iran. Pada tahun 2002 stadion ini direnovasi untuk mengurangi kapasitas kawasan duduk penontonnya dari 100.000 menjadi 90.000 kawasan duduk. Stadion ini pernah diberi nama Stadion Aryamehr sebagai penghargaan dari anggota Shah Iran namun beberapa waktu kemudian kembali menjadi Stadion Azadi sehabis Revolusi Iran tahun 1979.

Stadion Azadi pernah menjadi saksi sejarah sepak bola Iran ketika tim nasional sepak bola Iran melawan tim nasional sepak bola Australia yang berakhir imbang 0-0 dan imbang 2-2 di sangkar Australia dan meloloskan Iran ke Piala Dunia 1998 di Perancis alasannya yaitu unggul agregat gol di sangkar lawan.

7. Stadion Old Tafford Manchester, Inggris

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United semenjak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton. Stadion ini diarsiteki oleh Sir Archibald Leitch yang juga mengarsiteki markas Charlton Athletic, Chelsea, Everton, Middlesbrough, Tottenham Hotspur, Rangers F.C. serta Southampton.

Stadion ini mempunyai sejarah yang sangat panjang, Stadion milik manchester united ini dibangun sekitar 32 tahun sehabis klub manchester berdiri. Pada awalnya Para pemain Manchester united hanya bermain di lapangan kecil di North Road di erat stasiun kereta api Piccadily, kemudian pindah ke lapangan Bank Street, Dan barulah sehabis 32 tahun atau tepatnya sehabis menerima trophi divisi 1 pertama mereka, mereka gres menggunakan stadion kebanggan ini. Partai Manchester United pertama yang dilakoni di Stadion ini yaitu ketika melawan Liverpool 19 Februari 1910.

“The Theatre of Dreams”, begitulah sir Bobby Charlton menyebut stadion ini. Stadion kebanggan milik tim sepak bola Manchester United ini memang bagaikan sebuah lapangan panggung drama yang sudah menyajikan beribu-ribu bahkan berjuta-juta agresi manchester united dalam mengarungi ketatnya dunia persepakbolaan. Sudah tak terhitung sudah berapa ratus bintang yang terlahir di Sini.

Stadion yang dinobatkan sebagai stadion klub terbesar di Inggris ini merupakan salah satu stadion sepakbola bersejarah di Dunia.Stadion yang diresmikan pada 19 Februari 1910 ini merupakan stadion yang megah dan sangat besar di masanya. Hal ini menjadikanya stadion terkemuka di Inggris sebagai stadion yang menggelar pertandingan-pertandingan penting, apalagi ketika itu stadion nasional Inggris Wembley belum dibangun. Stadion ini kemudian menjadi harapan setiap pemain sepakbola untuk sanggup tampil di sana

Stadion ini selalu menyuguhkan drama jago di hampir setiap pertandingan. Impian-impian sepak bola melambung dan berkecamuk di arena ini. Bagi MU, Old Trafford bagaikan taman impian. Karena itu pula, Bobby Charlton menyebutnya teater impian,Meski begitu, Old Trafford juga menjadi simbol kepedihan Manchester, juga rakyat Inggris. Pada Perang Dunia II, stadion ini termasuk menjadi target bom oleh Jerman. Tepatnya 11 Maret 1941.Kontan saja, stadion itu awut-awutan dan tak bisa dipakai. Markas MU pun balasannya pindah, menumpang markas Manchester City, di Maine Road Stadion Old Trafford terletak kira-kira setengah mil dari Lapangan Kriket dan Manchester Metrolink.. Parahnya, perang juga diikuti inflasi, sampai MU kesulitan membangun kembali stadion kebesarannya.Butuh waktu nyaris 9 tahun untuk kembali menghidupkan kembali Old Trafford. Praktis, dalam delapan isu terkini Liga Utama Inggris bolos di Old Trafford. Berkat semangat keluarga Edwards (pemilik klub), stadion itu terbangun juga.Sejak itu, renovasi terus dilakukan. Kapasitas stadion pun naik turun. Setelah kasus bencana di Stadion Hillsborough, 1989, kapastias dikurangi menjadi 45.000, bahkan kemudian 43.000. Kapasitas tersedikit sepanjang sejarah Old Trafford.

Stadion ini pernah menjadi tuan rumah pertandingan semi-final Piala FA (sebagai kawasan netral), dan menjadi markas Tim nasional Inggris ketika Stadion Wembley dalam proses renovasi. Stadion ini juga menjadi salah satu kawasan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 1966 dan Euro 96, dan juga final Liga Champions 2003.

Pada ketika London menjadi tuan rumah Olimpiade 2012, stadion ini juga digunakan untuk beberapa pertandingan penyisihan sepak bola laki-laki dan wanita. Di samping sepak bola, Old Trafford pernah menjadi kawasan penyelenggaraan Grand Final Liga Super Rugby dan juga pernah menjadi kawasan penyelenggaraan Piala Dunia Liga Rugby 2000.

Old Trafford mempunyai kapasitas 75,765 kawasan duduk, dan merupakan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris sehabis Stadion Wembley. Bersama dengan Stadion Wembley, merupakan stadion di Inggris yang mempunyai rating 5 bintang UEFA.

8. Nou Camp Barcelona, Spanyol

 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Stadion Sepak Bola termegah selanjutnya berada di Barcelona Spanyol. Stadion Nou Campbegitulah nama stadion termegah di spanyol ini, Stadion yang dibangun pada tahun 1957 ini menghabiskan dana sebanyak US$ 3 Juta. Nou Camp juga pernah dinobatkan sebagai stadion sepak bola terbesar di eropa. Nou Cham sanggup menampung sampai kapasitas penonton sebanyak 120.000 penonton. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 1982 lalu.  

Nah itulah 8 Stadion Sepakbola Terbesar dan Termegah Di Dunia yang sanggup kami rangkum. Mungkin ada pilihan yang lain dari anda?

Sumber: Wikipedia 


Tags: #Olah Raga

author
Author: 
    Biografi Lengkap Lionel Messi Barcelona
    Biografi Lengkap Lionel Messi Barcelona
    Biografi Lengkap Lionel Messi Barcelona Nama Lengkap
    10 Pemain Sepak Bola Terkaya 2014
    10 Pemain Sepak Bola Terkaya 2014
    10 Pemain Sepak Bola Terkaya 2014 Tak
    6 Atlit Penyandang Cacat Yang Memukau Dunia Olahraga
    6 Atlit Penyandang Cacat Yang Memukau Dunia Olahraga
    6 Atlit Penyandang Cacat Yang Memukau Dunia
    Koleksi Kendaraan Beroda Empat Glamor Christiano Ronaldo
    Koleksi Kendaraan Beroda Empat Glamor Christiano Ronaldo
    Koleksi Mobil Mewah Christiano Ronaldo – Christiano

    Comments are closed.

    Must read×

    Top