√ Begini Caranya Menjaga Kebersihan Interior Mobil yang Tepat

By | Januari 12, 2020

Databerita.com – Sebagai pecinta mobil, pasti Anda setuju dengan pentingnya interior mobil. Selain untuk kenyamanan, interior mobil juga dapat membuat penggunanya lebih menikmati perjalanan. Tak hanya itu, kabin mobil perlu juga mendukung kesehatan penumpangnya. Untuk itu sangat penting interior mobil tertata rapi, senantiasa bersih, tidak bau apek atau semerbak aroma asap rokok.

Interior Mobil

Sayangnya, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara menjaga kebersihan interior mobil. Walaupun banyak pencucian mobil yang menawarkan jasa membersihkan interior mobil, tidak ada salahnya sebagai pemilik dan pengguna mobil Anda tahu tata caranya. Dengan ini Anda dapat menghemat banyak biaya. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, langsung baca beberapa tips di bawah ini!

 

Letakkan Barang-Barang Pada Tempatnya

 

Seperti rumah, mobil juga seringkali mudah berantakan dan berceceran dengan berbagai barang jika tidak dirapihkan. Perkakas dan peralatan seperti dongkrak, kunci pas, kunci inggris, obeng, sebaiknya disimpan rapih dan rapat dalam sebuah toolbox. Benda-benda kecil lainnya seperti adaptor charger hp, kunci, kacamata, dompet kecil, kotak P3K, sebaiknya disimpan di dalam laci dashboard.

Mobil yang rapih tentunya ikut menjaga kebersihan interior mobil Anda.

 

Perawatan Interior Mobil Pada Bagian Jok

 

Salah satu bagian yang sangat penting dalam mobil adalah jok (kursi mobil). Tak banyak yang tahu jok mobil menyimpan banyak kuman, bakteri, dan debu. Untuk itu, Anda disarankan untuk membersihkan jok mobil Anda dua hari sekali.

Sebelum mulai membersihkannya, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membersihkan jok mobil dengan vacum cleaner. Hal ini dilakukan agar berbagai debu dan partikel-partikel kotoran dapat terangkat terlebih dahulu. Tahap ini dilakukan pertama juga agar debu maupun partikel kotoran tidak semakin menempel saat jok sudah terkena cairan pembersih.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan jok mobil. Jika Anda tak ingin repot mencari cairan khusus, Anda bisa mencampurkan deterjen dengan air secukupnya. Setelah memiliki cairan pembersih, Anda bisa mengoleskan maupun menyemprot cairan ke noda yang menempel pada jok. Setelah itu, gosoklah noda secara perlahan. Saat melakukan hal ini usahakanlah untuk menggosoknya secara searah dan perlahan, dengan begitu struktur kain jok mobil pun tak akan rusak.

 

Jangan Gunakan Pewangi Berbahan Gel

 

Selain kebersihan jok, pemilik mobil juga perlu memperhatikan aroma dalam mobil yang dimiliki. Pewangi ruangan kabin sudah menjadi menu wajib bagi pemilik mobil, namun disarankan untuk tidak memilih pewangi berbahan gel.

Beberapa ulasan mengatakan bahwa banyak pengguna mobil yang mendapati interior mobilnya berbau tak sedap dikarenakan exhaust AC yang dibalut dengan benda berlendir.

Lendir tersebut berasal dari pewangi gel yang melayang ke kabin kemudian sebagian kecil mengendap di exhaust AC, dalam waktu lama bahan tersebut terakumulasi dan lengket. Entah bagaimana penjelasan ilmiahnya, namun pada kenyataannya hal ini dialami banyak pengguna pewangi mobil yang berbahan gel.

Baca juga: Coating Mobil

 

Semprotkan Pelindung Paparan Sinar Matahari pada Dashboard Mobil

 

Apakah Anda tahu bahwa hal yang paling berpengaruh pada kusamnya dashboard mobil adalah sinar matahari. Walaupun sangat simpel, sinar UV dapat berdampak pada kerusakan yang tidak direncanakan.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara untuk melindungi dashboard mobil Anda dari dampak sinar matahari, yaitu dengan menyemprotkan pelindung. Dengan melakukan beberapa cara tersebut maka dapat membuat dashboard mobil menjadi bersih dan terawat juga terlihat seperti baru terhindar dari kerusakan dan juga bau yang yang mengganggu pengendara dalam melakukan aktivitas di dalam mobil.

 

Menyeka Ulang dengan Kain Bersih

 

Ketika kita mencuci bagian dalam mobil tentu menggunakan kain basah yang telah dilumuri oleh cairan pembersih. Tapi perlu diingat bahwa keadaan mobil yang basah dapat menimbulkan jamur dan bau tak sedap. Untuk itu, Anda perlu menyeka ulang interior mobil Anda dengan kain bersih. Ulangi proses tersebut sampai kering.

Menjaga kebersihan interior mobil memang terlihat sederhana, namun jika dilakukan dapat memberikan dampak yang baik bagi mobil. Bagi Anda yang menggunakan mobil untuk keperluan komersil seperti menyewakan rental mobil atau taksi online, maka kebersihan interior mobil ini sudah pasti akan jadi nilai tambah.

Salah satu jasa rental mobil yang menyewakan kendaraan dengan interior yang selalu bersih dan terawat adalah Rmoda, bisa dilihat di sini: http://www.rmoda.co.id/id/rmoda-rent-a-car

Jadi, jangan sampai malas dan lupa ya membersihkan interior mobil Anda!